Wednesday, August 27, 2014

Mobil Balap Mazda6 Tanda Kesuksesan Mazda

Hiroshima -Mobil kebanggaan Mazda yang berlaga di Rolex Grand-Am GX Race di Atlanta, Amerika Serikat yakni Mazda6 menyapa seluruh pengunjung Mazda Museum di Hiroshima, Jepang.

Mobil ini diakui Mazda sebagai pembuktian Mazda di dunia balap dan juga sebagai mobil untuk pengembangan teknologi mesin Mazda secara terus-menerus menembus batasan.

23 tahun silam, kemenangan Mazda 787B di balap ketahanan 24 Hours of Le Mans sempat melambungkan nama Mazda di jajaran pabrikan mobil terbaik dunia. Bermodal mesin rotary legendaris yang tertanam di mobil ini, Mazda menjadi satu-satunya pabrikan dari Jepang yang pernah memuncaki podium prestisius Le Mans, Perancis hingga kini.

Setelah bertahun-tahun dikenal sebagai perusahaan ‘rotary’, kali ini Mazda berhasil tampil beda untuk kesekian kalinya. Mazda berusaha menembus batas dengan basis mesin SKYACTIV-D. Di tahun 2013 Mazda berhasil mewujudkan mobil balap yang pada penampilan keempatnya mampu menyita perhatian dengan menempati podium pertama dan ketiga Grand-Am GX Race di sirkuit Road Atlanta, Georgia, Amerika Serikat dengan mobil Grand-Am GX Mazda6 SKYACTIV-D Racing.

"Setelah menjadi satu-satunya tim yang pernah memenangi 24 Hours of Le Mans dengan mesin rotary, kini Mazda menjadi satu-satunya peserta yang menggunakan mesin diesel melalui SKYACTIV-D di ajang balap turing bergengsi seperti Grand-AM GX Race. Ini adalah momen yang amat bersejarah untuk dunia Mazda Motorsports karena kami sekali lagi membawa teknologi inovatif ke lintasan balap dan mendemonstrasikan performa, kualitas, durabilitas dan reabilitas dari brand kami," kata President Director PT Mazda Motor Indonesia, Keizo Okue.

"Setelah sekian tahun kami dikenal dan memegang kebanggaan sebagai ‘perusahaan mesin rotary’, untuk dapat berkompetisi dengan mesin generasi terbaru pada mobil baru adalah perasaan yang amat luar biasa!," ucapnya.

Lebih lanjut, Okue menambahkan, "Hal ini tentu makin memperlihatkan komitmen Mazda terhadap pengembangan teknologi mesin Mazda. Melalui Grand-Am GX Mazda6 SKYACTIV-D Racing kami akan terus mempromosikan keunggulan mesin SKYACTIV-D Clean Diesel Technology Mazda yang efisien sehingga lebih ramah lingkungan dan menyalakan perasaan bangga serta kenikmatan ketika berkendara dengan Mazda. Mobil ini juga merupakan langkah besar dalam mewujudkan cita-cita kami dalam menggunakan teknologi SKYACTIV untuk dunia motorsport.

 Walaupun menggunakan lebih dari 60 persen mesin dan 250 suku cadang versi produksi massal yang juga tertanam di Mazda6 terbaru, jantung empat silinder SKYACTIV-D 2.2liter turbo yang tertanam dari kolaborasi ribuan jam insinyur Mazda Motor Corporation dan Mazda North American Operations, California pada Grand-Am GX Mazda6 SKYACTIV-D Racing ini mampu menggelontorkan 400 daya kuda di 5000rpm dan torsi maksimum 445lb-ft di 3600rpm. Untuk meredam tenaga yang cukup besar tersebut, Mazda berkolaborasi dengan produsen rem F1 Alcon untuk menyematkan brake-kit 355mm monoblok 4 piston dan 328mm 4 piston di lingkar roda depan dan belakang.

Teknologi yang digunakan pada chassis dan suspensi Mazda6 Racing Car juga cukup inovatif. Penggunaan kombinasi chassis tubular hasil kolaborasi dengan SpeedSource, Florida dan penggunaan suspensi independen double wishbone menjadi salah satu contohnya. Selain itu, dengan bobot total 1111kg tentu makin membuat Grand-Am GX Mazda6 SKYACTIV-D Racing hadir sebagai kontestan yang cukup lincah dan disegani di lintasan balap.

Semburat eksterior yang masih sangat identik dengan Mazda6 versi jalan raya makin membuat Mazda6 Racing Car menonjol dibanding para peserta lain. Optimalisasi filosofi desain KODO yang digunakan pada mobil ini juga turut menyumbang downforce yang dibutuhkan untuk membuatnya tetap kompetitif.

Grand-Am GX Mazda6 SKYACTIV-D Racing sendiri telah membuat eksistensi Mazda di dunia Motorsport kembali diperhitungkan khususnya di benua Amerika melalui inisiasi Mazda North American Operations yang berbasis di California. Dengan optimalisasi elemen kunci SKYACTIV dan tekad kuat untuk terus menghadirkan mobil balap yang kompetitif membuat Mazda secara brand memiliki keunikannya sendiri.

"Kami akan terus berusaha memberikan produk-produk terbaik untuk Zoom-Zoom lovers di seluruh dunia, khususnya untuk para pecinta Mazda di tanah air. Dengan paduan 3 elemen kunci Mazda; SKYACTIV Technology, KODO, dan i-ACTIVSENSE di seluruh produk generasi keenam, Mazda berusaha memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan sehingga pengemudi mobil Mazda akan merasa lebih hidup," tutup Okue.


sumber: detikoto

No comments:

Post a Comment

mazda biante

mazda biante
biante