Hiroshima -Mobil kebanggaan Mazda yang berlaga di Rolex
Grand-Am GX Race di Atlanta, Amerika Serikat yakni Mazda6 menyapa
seluruh pengunjung Mazda Museum di Hiroshima, Jepang.
Mobil ini
diakui Mazda sebagai pembuktian Mazda di dunia balap dan juga sebagai
mobil untuk pengembangan teknologi mesin Mazda secara terus-menerus
menembus batasan.
23 tahun silam, kemenangan Mazda 787B di balap
ketahanan 24 Hours of Le Mans sempat melambungkan nama Mazda di jajaran
pabrikan mobil terbaik dunia. Bermodal mesin rotary legendaris yang
tertanam di mobil ini, Mazda menjadi satu-satunya pabrikan dari Jepang
yang pernah memuncaki podium prestisius Le Mans, Perancis hingga kini.
Setelah
bertahun-tahun dikenal sebagai perusahaan ‘rotary’, kali ini Mazda
berhasil tampil beda untuk kesekian kalinya. Mazda berusaha menembus
batas dengan basis mesin SKYACTIV-D. Di tahun 2013 Mazda berhasil
mewujudkan mobil balap yang pada penampilan keempatnya mampu menyita
perhatian dengan menempati podium pertama dan ketiga Grand-Am GX Race di
sirkuit Road Atlanta, Georgia, Amerika Serikat dengan mobil Grand-Am GX
Mazda6 SKYACTIV-D Racing.
"Setelah menjadi satu-satunya tim yang
pernah memenangi 24 Hours of Le Mans dengan mesin rotary, kini Mazda
menjadi satu-satunya peserta yang menggunakan mesin diesel melalui
SKYACTIV-D di ajang balap turing bergengsi seperti Grand-AM GX Race. Ini
adalah momen yang amat bersejarah untuk dunia Mazda Motorsports karena
kami sekali lagi membawa teknologi inovatif ke lintasan balap dan
mendemonstrasikan performa, kualitas, durabilitas dan reabilitas dari
brand kami," kata President Director PT Mazda Motor Indonesia, Keizo
Okue.
"Setelah sekian tahun kami dikenal dan memegang kebanggaan
sebagai ‘perusahaan mesin rotary’, untuk dapat berkompetisi dengan mesin
generasi terbaru pada mobil baru adalah perasaan yang amat luar
biasa!," ucapnya.
Lebih lanjut, Okue menambahkan, "Hal ini tentu
makin memperlihatkan komitmen Mazda terhadap pengembangan teknologi
mesin Mazda. Melalui Grand-Am GX Mazda6 SKYACTIV-D Racing kami akan
terus mempromosikan keunggulan mesin SKYACTIV-D Clean Diesel Technology
Mazda yang efisien sehingga lebih ramah lingkungan dan menyalakan
perasaan bangga serta kenikmatan ketika berkendara dengan Mazda. Mobil
ini juga merupakan langkah besar dalam mewujudkan cita-cita kami dalam
menggunakan teknologi SKYACTIV untuk dunia motorsport.
Walaupun menggunakan lebih dari 60 persen mesin dan 250 suku cadang
versi produksi massal yang juga tertanam di Mazda6 terbaru, jantung
empat silinder SKYACTIV-D 2.2liter turbo yang tertanam dari kolaborasi
ribuan jam insinyur Mazda Motor Corporation dan Mazda North American
Operations, California pada Grand-Am GX Mazda6 SKYACTIV-D Racing ini
mampu menggelontorkan 400 daya kuda di 5000rpm dan torsi maksimum
445lb-ft di 3600rpm. Untuk meredam tenaga yang cukup besar tersebut,
Mazda berkolaborasi dengan produsen rem F1 Alcon untuk menyematkan
brake-kit 355mm monoblok 4 piston dan 328mm 4 piston di lingkar roda
depan dan belakang.
Teknologi yang digunakan pada chassis dan
suspensi Mazda6 Racing Car juga cukup inovatif. Penggunaan kombinasi
chassis tubular hasil kolaborasi dengan SpeedSource, Florida dan
penggunaan suspensi independen double wishbone menjadi salah satu
contohnya. Selain itu, dengan bobot total 1111kg tentu makin membuat
Grand-Am GX Mazda6 SKYACTIV-D Racing hadir sebagai kontestan yang cukup
lincah dan disegani di lintasan balap.
Semburat eksterior yang
masih sangat identik dengan Mazda6 versi jalan raya makin membuat Mazda6
Racing Car menonjol dibanding para peserta lain. Optimalisasi filosofi
desain KODO yang digunakan pada mobil ini juga turut menyumbang
downforce yang dibutuhkan untuk membuatnya tetap kompetitif.
Grand-Am
GX Mazda6 SKYACTIV-D Racing sendiri telah membuat eksistensi Mazda di
dunia Motorsport kembali diperhitungkan khususnya di benua Amerika
melalui inisiasi Mazda North American Operations yang berbasis di
California. Dengan optimalisasi elemen kunci SKYACTIV dan tekad kuat
untuk terus menghadirkan mobil balap yang kompetitif membuat Mazda
secara brand memiliki keunikannya sendiri.
"Kami akan terus
berusaha memberikan produk-produk terbaik untuk Zoom-Zoom lovers di
seluruh dunia, khususnya untuk para pecinta Mazda di tanah air. Dengan
paduan 3 elemen kunci Mazda; SKYACTIV Technology, KODO, dan i-ACTIVSENSE
di seluruh produk generasi keenam, Mazda berusaha memberikan pengalaman
berkendara yang lebih menyenangkan sehingga pengemudi mobil Mazda akan
merasa lebih hidup," tutup Okue.
sumber: detikoto
No comments:
Post a Comment